Angel Of Zerafim
msgbartop
sugeng martanto blog
msgbarbottom

Sabtu, 09 Januari 2010 Ia Ingin Kita Berhasil-Yosua 1 : 6-9

Orang tua yang peduli ingin melihat anak-anaknya berhasil, menikmati kehidupan yang bermakna dan memuaskan. Yehuwa, Bapak surgawi kita, juga ingin agar anak-anak-Nya dibumi juga berhasil. Sebagai wujud kepedulian-Nya yang lembut, ia memberi tahu kita caranya. Contohnya, pikirkan kata-kata yang Ia sampaikan kepada Yosua, sebagaimana dicatat di Yosua 1 : 6-9.

Yehuwa memberitahu Yosua agar berani dan kuat-bukan hanya satu kali melainkan sampai tiga kali.(Ayat 6, 7, 9) Pastilah, Yosua memerlukan keberanian dan kekuatan supaya berhasil memimpin bangsa itu memasuki Tanah Perjanjian. Namun, bagaimana caranya ia bisa berani dan kuat?

>Yosua bisa mendapatkan keberanian dan kekuatan dari tulisan tulisan terilham. “jangan lali melakukan segala sesuatu sesuai dengan semua hukum yang Musa, hambaku, perintahkan kepadamu” Firman Yehuwa (ayat 7) Pada waktu itu, Yosua kemungkinan besar memiliki beberapa bagian saja dari Alkitab dalam bentuk tertulis. Namun, sekedar memiliki Firman Allah tidak menjamin keberhasilan. Agar memperoleh manfaatnya, Yosua Yosua perlu melakukan 2 hal.

Pertama, Yosua harus mengisi hatinya secara teratur dengan Firman Allah. Yehuwa mengatakan “Engkau harus membacanya dengan suara rendah siang dan malam”(Ayat 8) Menurut sebuah karya referensi, “Allah memerintahkan Yosua untuk mengingat Hukum-Nya ‘dengan menggumam’ kepada diri sendiri, ‘memikirkan secara mendalam’ atau ‘merenungkan’ Hukum tersebut. “ Dengan membaca dan merenungkan Firman Allah setiap hari, Yosua akan diperlengkapi untuk menanggulangi tantangan yang bakal ia hadapi."

Kedua, Yosua perlu menerapkan apa yang ia pelajari dari Firman Allah. Yehuwa memberikan tahu dia, “jangan lalai melakukan segala sesuatu sesuai dengan semua yang tertulis didalamnya; sebab dengan demikian engkau akan membuat jalanmu berhasil.” (Ayat 8) Keberhasilan Yosua berkaitan dengan melakukan kehendak Allah. Dan, seharusnya memang begitu, Bukan? Kehendak Allah selalu berhasil.- Yesaya 55 : 10, 11;"

Yosua mengindahkan nasihat Yehuwa. Alhasil, ia menikmati kehidupan yang memuaskan sebagai penyembah Yehuwa yang setia.- Yosua 23 :14, 24:15."

"Inginkah anda menikmati kehidupan yang memuaskan, seperti halnya Yosua? Yehuwa ingin anda berhasil. Tetapi, sekedar memiliki FirmanNya, Alkitab, tidaklah cukup. Seorang saudara Kristen kawakan yang setia menyarankan, “jangan sekedar membaca halaman-halaman Alkitab, namun camkanlah itu dalam hati.” Jika anda secara teratur mengisi hati dengan Firman Allah dan menerapkan dalam kehidupan anda apa yang telah dipelajari, seperti halnya Yosua, Anda akan membuat jalan anda berhasil.

Leave a Comment

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari